Kerusakan Umum TV China

Sebagai tekhnisi sangat dianjurkan untuk mencatat setiap kerusakan yang ditemukan setiap selesai melakukan praktek servis, hal ini perlu dilakukan untuk referensi apabila suatu saat menemukan lagi gejala atau kerusakan yang sama, memang ukuran otak manusia tidak terbatas tapi yang namanya lupa itu sudah jadi kebiasaan hampir semua orang, untuk itu ada baiknya mendokumentasikan setiap pekerjaan.

Kerusakan Umum TV China

TV buatan china memang sangat rentan rusak karena komponen yang digunakan sangatlah standart atau bisa dibilang komponen murahan, dari kualitas maupun kuantitas, dan jenis kerusakan yang sering terjadi untuk tv buatan cina sangatlah beragam, hampir semua komponen beresiko mudah rusak, baik komponen aktif maupun komponen pasif, hal ini sangat wajar dikarenakan tv buatan china harganya relatif murah dibanding dengan tv produk lain seperti buatan malaysia singapur jepang dan bahkan kalau dibanding dengan tv buatan indonesia seperti polytron dan digitec tv cina masih berada jauh dibawahnya.

Berikut beberapa jenis kerusakan umum dari tv buatan china


1. Gambar ditutupi garis-garis putih blanking


Kerusakan dengan gambar tertutup garis-garis blanking putih biasanya disebabkan oleh kurangnya tegangan video amplifier, untuk menghasilkan gambar dan warna yang tajam dan bagus amplifier video memerlukan suplay tegangan minimal 180 volt maksimal 200 volt, darimana tegangan itu diambil? ada dua metode yang digunakan oleh produsen tv cina yaitu metode kesatu menagmbil tegangan langsung dari output regulator sebesar 180 volt dan metode kedua umum seperti merk-merk tv lain yaitu mengambil teganagan dari pin flyback, kerusakan yang lebih sering terjadi yaitu rusaknya kapasitor elektrolit yang memfilter tegangan 180 volt tersebut dengan ukuran umum antara 10 uf 250 volt sampai dengan 22 uf 250 volt.

2. Gambar ditutupi garis biru hijau atau merah


Kerusakan gambar tertutup garis biru, hijau atau merah biasanya disebabkan hilangnya tegangan amplifier di salah satu kaki RGB, penyebab hilang itu bisa dua macam yaitu yang pertama putus dan yang kedua konslet, untuk menentukan apakah putus atau konslet bisa menggunakan cara memutus dulu kaki RGB di bagian yang terdeteksi misalnya gambar tertutup garis merah maka putus dulu kaki RGB bagian R dengan cara membuang dulu timah yang menghubungkan kaki RGB tersebut, setelah itu kita akan bisa memastikan kerusakannya darimana.

kalau diputus kaki RGB tegangan masih tidak ada kemungkinan besar kerusakan ada di resistor yang memberi tegangan dari 180 volt ke kaki kolektor transistor RGB atau transistor RGB nya yang memang konslet, tapi kalau transistor RGB yang konslet tegangan tidak akan hilang sepenuhnya karena emitor dari transistor tersebut tidak langsung terhubung ke groud melainkan melalui sebuah tahanan yaitu resistor dengan ukuran antara 390 ohm sampai 820 ohm.

kalau ternyata setelah dicabut kaki RGB tegangan langsung normal berarti kerusakan ada di kaki RGB yang konslet ke heater, untuk mengatasi masalah seperti itu bisa digunakan cara mengganti tegangan heater jangan ada yang terhubung ke groud, caranya dengan membuat lilitan tanpa ground yang nantinya di hubungkan langsung ke kaki heater dengan cara memutus jalur ground dari pcb nya, jumlah lilitan yang digunakan antara 2 sampai 4 lilitan saja, usahakan setiap penambahan lilitan sambil di ukur, jangan sampai lebih dari 6 volt karena bisa membahayakan lampu layar.

3. Ada gambar tidak ada suara


Kerusakan ada gambar tapi tidak ada suara pada tv china sangat banyak penyebabnya diantaranya:

Pertama hilangnya tegangan suplay untuk ic audionya, solusinya periksa resistor dari output regulator dan juga elko juga dioda nya.

Kedua memang rusak ic audionya, untuk memastikan kerusakan ic audio bisa menggunakan cara menentukan bagian input pada ic audio tersebut, itu berlaku untuk ic jenis non mute, kalau untuk ic yang menggunakan saklar mute harus melakukan pemberian dulu tegangan pada kaki mute di ic tersebut, caranya bisa menggunakan resistor berukuran 10k dari vcc untuk audio ke kaki mute audionya.

Ke tiga keursakan bisa dari ic osilatornya dan sangat sering terjadi solusi bisa menggunakan kaki out audio lain dari kaki ic osilator tersebut, karena pada umumnya untuk ic osilator yang dipakai pada tv buatan china akan memiliki kaki cadangan lain.

Ke empat keruskan bisa dari ic memorinya yang korup data, solusinya coba buka menu factorynya dan seting ulang, kalau setelah diseting dan suara keluar tapi ketika tv dimatikan lalu dihidupkan kembali suara kembali hilang kemungkinan ic memorinya yang memang sudah rusak atau sudah tidak mau menyimpan data baru.

4. Gambar dan suara tidak singkron


Kerusakan gambar dan suara tidak singkron atau ketika gambar sewaktu melakukan pencarian channel sudah pas tapi suara kurang pas, kemungkina kerusakan pada sistem IF 38.9mhz nya, ada dua kemugkinan, kemungkinan yang pertama if nya yang bergeser kemungkinan kedua eror dari ic memorinya.

5. Gambar bagian bawah kurang atau terlipat


Kerusakan gambar bagian bawah terlipat atau kurang sering disebabkan oleh rusaknya elko output vertikal,solusi ganti baru dengan elko yang memiliki kualitas bagus misalnya elko buatan panasonic yang terkenal kualitasnya.

6. TV Standby tapi beberapa menit kemudian tv bisa hidup dengan normal


Kerusakan seperti itu sering disebabkan oleh bocornya dioda 3.6 volt dibagian reset ic program, kalau di tv bukan buatan cina biasanya menggunakan ic standby dengan no seri KIA70 dan sejenisnya, tapi kalau di tv buatan china biasanya menggunakan transistor yang dikendalikan inputnya oleh dioda tersebut.

7. Gambar hanya satu garis horisontal


Kerusakan gambar hanya satu garis horisontal untuk tv cina sering disebabkan oleh rusaknya ic vertikal dan ic osilatornya, periksa kedua ic yang saya sebutkan kalau perlu lakukan percobaan ganti baru.

8. Chanel berubah sendiri atau ketika menekan volume malah keluar perintah lain


Kerusakan seperti itu bisa disebabkan oleh rusaknya switch kontrol, solusinya ganti baru dengan swict kontrol yang kualitasnya bagus agar tidak terjadi maslah serupa.

Itulah beberapa jenis kerusakan umum tv china yang sangat sering terjadi, sebenarnya masih banyak jenis kerusakan lain yang tidak bisa saya tulis pada artikel ini, kalau ada pengalaman sobat silahkan tulis di komentar, kalau bentuknya pertanyaan akan saya jawab semampu saya, kalau bentuknya sharing pengalaman maka akan saya update ke artikel ini agar semakin lengkap, tujuannya untuk mempermudah teman-teman yang lain ketika menemukan kerusakan serupa.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon