Cara Mengetahui Apakah Blog dan Artikel Terindeks Atau Tidak Oleh Mesin Telusur

Sebagai pemilik dan juga penulis diblog, tentu harus tau cara mengetahui apakah blog dan artikel kita sudah terindeks atau belum oleh mesin telusur. karena bisa saja kita membuat kesalahan dalam struktur blog, atau template, atau pengaturan robot txt, yang menyebabkan blog dan artikel kita, lambat atau bahkan tidak mau terindeks oleh mesin pencari.

Sudah pasti kalau kejadian itu menimpa blog kita, akan jadi masalah besar, bisa saja orang lain menganggap kalau blog kita terkena deindeks, sanbox dan lain sebagainya, yang menyebabkan blog dan artikel di blog tidak muncul atau tidak terindeks oleh mesin telusur.

#1. Cara mengetahui blog sudah terindeks atau belum oleh mesin telusur

Pertama anda buka browser yang biasa digunakan, lalu di kolom pencarian ketik site:alamat blog anda lalu enter sebagai contoh saya akan gunakan blog saya ini dengan mengetik site:www.flyin-dvb.com maka akan terbuka halaman seperti pada gambar dibawah ini

Cara Mengetahui Apakah Blog dan Artikel Terindeks Atau Tidak Oleh Mesin Telusur

Kalau sudah muncul blog kita seperti contoh gambar diatas berarti blog kita sudah terindeks dengan sempurna oleh mesin pencari google.

Sekarang konten atau artikel, untuk meyakinkan kalau setiap artikel yang kita publikasikan sudah terindeks atau belum oleh mesin telusur maka diperlukan pengecekan yang sama seperti mengecek blog.

#2. Cara mengetahui apakah artikel di blog sudah terindeks atau belum oleh mesin telusur

Caranya seperti tadi, tapi disini diperlukan url dari artikel yang telah kita publikasikan, contohnya seperti ini: site:http://www.flyin-dvb.com/2016/11/cara-menghasilkan-uang-dari-blog-bagi.html.

Cara Mengetahui Apakah Blog dan Artikel Terindeks Atau Tidak Oleh Mesin Telusur

Kalau sudah muncul seperti gambar diatas, berarti artikel kita sudah terindeks dengan sempurna. Tapi kalau tidak muncul, kemungkinan ada kesalahan dalam url yang kita buat, coba periksa kembali dan kalau sudah benar, coba lakukan submit ulang ke search console.

Baca: cara submit artikel ke search console

Lalu coba dalam beberapa menit kedepan di cek lagi menggunakan cara di atas, apakah artikel sudah terindeks atau masih belum oleh mesin telusur.

Kalau sudah tapi tidak muncul dihalaman utama mesin pencari, kemungkinan artikel kita perlu di optimisasi lagi seo nya.

Baca: teknik dasar seo agar artikel muncul di halaman utama dan mampu mendatangkan banyak pengunjung.

Itulah cara mengetahui apakah blog dan artikel kita sudah terindeks atau belum oleh mesin telusur, dengan beberapa langkah mudah. semoga bermanfaat.

Related Post:

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon