Kamis, Mei 26, 2016

Cara Mendatangkan dan Mendapatkan Visitor Organik Secara Natural

Cara mendatangkan atau mendapatkan visitor (Trafik) organik secara natural - Setiap pemilik situs/blog tentu berharap kalau situs/blognya bisa mendapatkan trafik dan visitor yang bersumber dari mesin pencarian atau yang disebut dengan trafik organik. Baik itu trafik yang berasal dari mesin pencari google, yahoo dan bing dan lain-lain. Karena walau bagaimanapun sebaik-baik trafik adalah trafik yang datang secara natural dari kata kunci yang di tulis oleh calon pengunjung di mesin pencarian.

Namun untuk mencapai semua itu tentu tidak semudah membalikan telapak tangan, ada metode-metode khusus yang harus dilakukan yang mungkin belum banyak dipahami dan diketahui oleh sebagian pemilik dan penulis blog. Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips, bagaimana cara mendatangkan dan mendapatkan trafik atau visitor organik secara natural ke situs/blog anda.


Untuk mendapatkan dan mendatangkan trafik organik, tentu saja blog dan konten/artikel anda harus tampil di halaman paling atas mesin pencari, atau paling tidak harus berada di halaman pertama dengan nomer urut antara 1 sampai dengan 10. Karena kalau situs/blog dan artikel anda berada di halaman 2 (dua) dan seterusnya, sangat kecil kemungkinan bisa mendapatkan trafik organik.

Artikel terkait: 8 Cara agar artikel blog muncul di google paling atas.

Nah agar artikel blog bisa muncul di google dan mesin pencarian lainnya paling atas, tentu ada beberapa langkah yang harus anda persiapkan, agar lebih jelasnya silahkan simak penjelasan berikut ini.

Cara mendatangkan dan mendapatkan visitor/trafik organik secara natural/alami


1. Riset kata kunci atau keyword
Hal pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan riset kata kunci atau keyword yang akan digunakan untuk membuat judul artikel. Anda harus benar-benar jeli mencari kata kunci yang paling banyak dicari oleh pengguna internet, dalam hal ini adalah pengguna mesin pencari. Usahakan dalam meriset kata kunci harus mencari yang tingkat pencariannya tinggi tapi tingkat persaingannya rendah atau sedang.

Artikel Terkait: Cara riset keyword atau kata kunci.

2. Siapkan konten original (asli)
Setelah anda menemukan keyword yang dirasa tepat untuk ditembak atau dibuat judul artkel, hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah menyiapkan konten asli atau original. Perlu anda catat, jangan sesekali tertarik untuk melakukan teknik re-write atau tulis ulang dari artikel yang ada di situs/blog orang lain. Karena semakin kesini mesin pencari sudah semakin canggih, bisa membedakan mana konten asli dan mana konten hasil daur ulang.

Walau anda punya keahlian super dalam meracik konten agar terlihat dan terkesan asli, namun nilai unik dari artikel tersebut akan sangat rendah, hal itu yang akan menyebabkan artikel anda sulit untuk berada diposisi terbaik dan tentunya sulit juga untuk mendapatkan visitor dan trafik organik seperti yang anda harapkan.

3. Buatlah konten berkualitas
Setelah anda siap dengan konten yang asli atau original, hal selanjutnya adalah anda harus membuat konten yang berkualitas. Berkualitas dalam hal ini adalah konten yang yang mampu memberi solusi dari pertanyaan yang di tulis oleh setiap calon pengunjung. Dengan begitu niscaya pengunjung situs/blog anda akan tertarik untuk datang lagi dikemudian hari, otomatis anda sudah membuat konten yang akan mendatangkan trafik organik secara terus menerus.

4. Libatkan SEO dalam membuat konten atau artikel
Kata kunci yang bagus, konten yang original dan konten yang berkualitas saja tidak cukup untuk mampu mendapatkan trafik organik, karena bisa atau tidaknya artikel anda tersebut dirayapi, di indeks dan ditampilkan di halaman pertama mesin pencari, kalau anda mampu memenuhi apa yang di inginkan oleh mesin pencari.

Oleh sebab itu dalam pembuatan setiap artikel anda wajib melibatkan SEO (Search Engine Optimization) kedalamnya. Nah kalau anda belum tau tentang bagaimana cara membuat artikel yang melibatkan SEO di dalamnya, silahkan baca beberapa artikel saya berikut ini:

5. Gunakan teknik memasukan kata kunci kedalam artikel
Sebenarnya hal ini masih termasuk kedalam teknik SEO, anda harus piawai dalam menyisipkan kata kunci kedalam artikel yang anda buat. Dan tidak sembarangan asal memasukan kata kunci, ada cara dan aturan mainnya, karena kalau salah dalam jumlah dan cara menempatkan kata kunci, daripada artikel anda dimunculkan dan mendapatkan trafik organik, justru sebaliknya, artikel dan bahkan situs/blog anda akan diacuhkan oleh mesin pencari.

Artikel terkait: Cara menyisipkan kata kunci pada artikel yang wajib anda ketahui.

6. Buatlah konten yang beragam
Beragam itu artinya banyak macamnya, banyak jenisnya, semakin banyak dan beragam artikel yang kita tulis maka kesempatan untuk mendapatkan trafik organik yang banyak akan semakin terbuka, pengunjung situs/blog anda bisa datang dari berbagai kata kunci yang sudah anda buat dalam konten yang beragam tersebut.

7. Rawat kesehatan situs/blog
Banyak kasus yang dialami oleh sebagian blogger yaitu, konten yang mereka buat sudah sangat bagus, sudah original, sudah beragam, sudah melibatkan SEO, namun tidak juga mampu tampil di halaman pertama mesin pencari, ternyata penyebabnya adalah situs/blognya kurang sehat.

Kurang sehat yang saya maksud adalah terlalu banyak link error, link mati, dan kesalahan-kesalahan di webmaster tools yang menyebabkan sulitnya situs/blog dan artikel untuk dirayapi dan di indeks secara sempurna oleh robot mesin pencari, sehingga serajin apapun anda membuat konten dengan mengikuti semua arahan saya diatas, tetap situs/blog anda tidak akan mampu mendapatkan trafik organik yang memuaskan.

Artikel Terkait:

Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan tentang bagaimana cara mendatangkan dan mendapatkan pengunjung (visitor) organik secara natural atau alami. Walau singkat dan masih banyak kekurangan, semoga artikel ini ada manfaatnya untuk kita semua.

2 comments

manfaat sekali mas...saya juga memang sudah 5 bulan menggeluti blog dan masih saja pengnjung 300an perhari....

coba sedikit-sedikit nyari informasi tentang apa yang paling diminati oleh pegunjung internet, belajar juga tentang seo tapi jangan terlalu terpatok dengan seo, dan yang penting, rajin update artikel yang original dan bermanfaat, sudah pasti lambat laun pengunjung akan diarahkan oleh google ke blog kita, tetap semangat mas

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon