Cara Cek dan Memperbaiki Hardisk yang Bad Sector

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara mengecek dan memperbaiki hardisk yang terkena bad sector. Namun sebelum kita lanjut ke cara memperbaiki hardisk yang bad sector sebaiknya kita ketahui dulu apa itu bad sector.

Bad sector adalah kondisi dimana hardisk sudah tidak bisa digunakan untuk menulis dan menyimpan data, coba kita bayangkan apabila kita menulis susuatu lalu menyimpannya di hardisk, dan ketika kita mau membuka lagi data yang sebelumnya kita simpan dan ternyata hardisk kita sudah dalam keadaan bad sector maka data tersebut akan korup/rusak dan tidak bisa dibaca.

Kalau kejadian tersebut menimpa komputer kita tentu saja itu merupakan bencana, maka dari itu sebagai pengguna komputer kita diwajibkan untuk selalu memeriksa keadaan hardisk atau kesehatan hardisk secara rutin agar tidak sampai terjadi hal yang tidak di inginkan.

Apa penyebab hardisk bad sector


Banyak sekali yang meyebabkan hardisk bad sector, diantaranya:
  • Hardisk terkena guncangan kuat, ini bisa menyebabkan kerusakan pada piringan hardisk dan optick hardisk.
  • Ketidak stabilan pada power suplay juga bisa meyebabkan hardisk bad sector, malah hal ini bisa lebih parah, karena bisa merusak hardware pcb hardisk
  • Komputer sering mati secara tiba-tiba, misalnya karena anda tidak menggunakan UPS atau Universal Power Suplay, tiba-tiba aliran listrik di tempat anda mati, otomatis komputer akan mati secara mendadak, hal ini sangat bahaya untuk kesehatan hardisk, karena akan terjadi gesekan antara optick dan piringan hardisk.
  • Sering membawa laptop dalam keadaan menyala, sudah dipastikan umur hardisk tidak akan bertahan lama.

Berikut ini 2 cara mengecek dan memperbaiki hardisk yang bad sector.

1. Kenali gejala hardisk yang bad sector

Hardisk yang terkena bad sector bisa di tandai dengan melambatnya kinerja atau kecepatan baca tulis hardisk.

Komputer atau laptop terkadang hank atau berhenti sendiri ketika komputet atau laptop sedang dijalankan.

Ketika booting lebih lambat dari biasanya bahkan sering terjadi gagal booting.

Kalau anda mengalami kejadian seperti yang saya sebutkan diatad maka kemungkinan besar hardisk anda terkena bad sector.

2. Cek dan perbaiki hardisk bad sector


Ada beberapa cara untuk mengecek kesehatan hardisk apakah hardisk kita masih dalam keadaan sehat atau sudah terdapat kerusakan pada sektor tertentu, bisa menggunakan utilitas pihak ketiga, bisa juga menggunakan utilitas bawaan dari windows itu sendiri.

Caranya:

A. Pastikan anda menutup dulu semua aplikasi atau software yang sedang dijalankan oleh komputer atau laptop anda.

B. Buka explorer dan klik kanan pada salah satu partisi hardisk yang akan dicek, yang paling sering terkena bad sector biasanya drive yang digunakan untuk sistem yaitu partisi C, maka akan muncul jendela seperti pada gambar dibawah ini

Cara cek dan memperbaiki hardisk yang bad sector

C. klik menu tools seperti pada gambar dibawah ini

Cara cek dan memperbaiki hardisk yang bad sector

D. klik Check now maka akan muncul jendela seperti pada gambar dibawah ini

Cara cek dan memperbaiki hardisk yang bad sector

E. Langkah selanjutnya centang bagian Automatically fix file system errors dan tunggu sampai prosesnya selesai, kalau terdapat bad sector maka gunakan langkah terakhir yaitu dengan mencentang bagian Scan for and attempt recovery of bad sectors dan biarkan sampai prosesnya selesai, langkah terakhir ini akan memakan waktu yang lumayan lama tergantung dari berapa banyak bad sector pada hardisk anda.

Itulah langkah sederhana untuk cek dan memperbaiki hardisk yang bad sector menggunakan utility bawaan windows, semoga bermanfaat.

Related Post:

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon