Senin, Mei 09, 2016

4 Cara Agar Judul Postingan Muncul di Pencarian Google

Cara agar judul postingan muncul di pencarian Google menurut saya bukan sesuatu yang sulit, bahkan bisa dibilang sangat mudah, asalkan situs/blog kita sudah terdaftar di Google webmaster, sudah mengirim sitemap, sudah melakukan submit URL artikel, dan melakukan Fetch as Google. Maka lambat tapi pasti semua judul postingan akan dimasukan ke dalam daftar indeks, dan akan muncul di pencarian Google.

Kedengarannya sangat simple dan sederhana. Namun, tidak sedikit dari mereka, terutama yang masih pemula, belum mengerti tentang langkah-langkah yang benar dari mulai mendaftarkan situs/blognya ke Google webmaster, sampai berbagai upaya lainya yang wajib dilakukan agar Blog dan judul postingan bisa muncul di pencarian Google.
Cara Agar Judul Postingan Muncul di Pencarian Google

Berikut ini adalah 4 cara agar judul postingan cepat terindeks dan bisa muncul di pencarian Google.

Seperti yang saya katakan diawal, cara agar agar setiap judul postingan yang anda buat bisa dengan mudah terindeks dan muncul di pencarian Google, cukup melakukan 4 (empat) hal. Yang diantaranya:
  1. Mendaftarkan blog ke google webmaster tools
  2. Mengirim Peta Situs atau Sitemaps
  3. Melakukan submit URL artikel
  4. Melakukan Fetch as Google.

1. Daftarkan blog ke google webmaster tools

Mendaftarkan blog ke Google webmaster tools adalah wajib hukumnya dilakukan oleh semua webmaster. Karena langkah tersebut sama dengan upaya supaya blog tampil di pencarian Google. Dan, sebaiknya itu dilakukan sejak awal atau sejak pertama kali blog tersebut dibuat. Tujuannya agar kita mendapatkan bisa kode verifikasi kepemilikan situs, dan situs/blog kita terdaftar di mesin indeks Google.

Artikel terkait: Panduan lengkap cara menggunakan google webmaster tools.

2. Kirim peta situs atau sitemaps

Setelah selesai mendaftarkan situs/blog ke Google webmaster, dan sudah berhasil memasang kode verifikasi kepemilikan situs, langkah selanjutnya adalah mengirim sitemaps atau peta situs. Tujuan mengirim sitemaps atau peta situs ini adalah supaya setiap kali kita membuat postingan otomatis akan mengirim informasi kepada Google kalau di situs kita ada artikel atau postingan baru.

3. Submit URL artikel

Nah langkah ketiga ini bisa dibilang sangat penting dilakukan setiap kita selesai membuat postingan baru atau setiap kita melakukan update perbaikan artikel. Tujuannya agar Google lebih cepat memasukan postingan baru tersebut kedalam indeks Goolge, dan segera memperbaharui artikel yang sudah anda di indeks Google.

Artikel Terkait: Cara submit URL artikel ke webmaster tools.

4. Lakukan Fetch as Google

Sebenarnya dengan menjalankan tiga cara diatas saja sudah jadi jaminan kalau setiap postingan akan muncul di pencarian Google. Namun, kalau kita masih ragu bisa melakukan cara yang ke empat, yaitu melakukan Fetch as Goolge (Ambil Sebagai Google). Tapi, untuk cara yang ke empat ini sebaiknya jangan terlalu sering dilakukan, karena kalau terlalu sering, kegiatan tersebut dianggap spam oleh Google.

Setelah melakukan empat langkah yang saya jelaskan, untuk memastikan apakah judul postingan sudah muncul atau belum di mesin pencarian Google, kita bisa melakukan pengecekan secara berkala.

Caranya cukup ketik (site:URL postingan), contoh "site: http://www.flyin-dvb.com/2016/05/cara-agar-judul-postingan-muncul-di-pencarian-google.html"  biasanya kalau situs/blog kita sudah terindeks dengan baik, hanya butuh beberapa menit setiap ada postingan baru akan muncul di pencarian Google.

Nah bukan bukan? Itulah cara agar judul postingan muncul di pencarian google, yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Kurang lebihnya saya mohon maaf, dan semoga artikel ini bermanfaat.

5 comments

Emmmm.... Mungkin itu salah satu penyebab penolakan google adsense yang sering dialami yaitu situs tidak sesuai kebijakan gugel yaa

Adsense selalu jadi misteri bagi calon publishernya, jangan pernah menyerah dan putus asa, coba dan coba lagi sampai adsense bosan menolak :)

Semangat terus dan belajar dari pengalaman yang ada mas yaa

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon