Senin, Mei 09, 2016

Blog Tanpa SEO Apakah Bisa Berhasil

Kalau bicara tentang Blog pasti identik dengan kata SEO, kenapa? Karena takut Blog dan Artikel tidak bisa muncul di mesin pencarian dan takut tidak mendapatkan banyak pengunjung. Pemahaman seperti itu kalau menurut saya yang baru beberapa bulan terjun di dunia Blogging bisa dikatakan salah bisa juga dianggap salah, atau bisa diyakinkan kalau pemahaman seperti sangat-sangat salah.

Pembahasan tentang bisa berhasil atau tidaknya sebuah situs Blog tanpa melibat SEO didalamnya, sepertinya akan menjadi topik yang sangat menarik untuk di ikuti, oleh sebab itu silahkan simak terus artikel ini sampai selesai.

Bisa berhasilkah sebuah Blog tanpa SEO?

Pertanyaan diatas akan menjadi tanda tanya besar yang tidak akan terjawab kalau Anda belum membaca artikel ini. Bahkan saya sangat yakin kalau kegiatan ngeBlog Anda akan selalu dihantui oleh perasaan was-was. Dan ketika tulisan Anda benar-benar tidak mampu mendatangkan pengunjung, Anda akan berasumsi kalau penyebabnya karena Anda tidak melibatkan SEO.

Anggapan Anda tidak salah, bahkan bisa dikatakan sangat benar. Kalau..... Anda sama sekali tidak tau tentang apa itu sejatinya SEO. Oke Anda bisa membantah, kalau Anda tau betul tentang SEO, bahwa SEO itu langkah sistematis untuk memposisikan Blog dan konten di pencaran internet teratas.

Itu betul sekali, Sistematis! Tapi... belum menyentuh ke sejatinya SEO. Kenapa?....Baik akan saya ulas sedikit tentang SEO.

Blog Tanpa SEO Apakah Bisa Berhasil

SEO atau Search Engine Optimization kalau bahasa indonesianya Optomisasi Mesin Pencari. Dengan kata lain, melakukan optimisasi terhadap Blog dan Konten Blog agar sesuai dengan keinginan mesin pencari.

Apakah Anda sudah tau tentang apa yang di inginkan oleh mesin pencari? Keinginan mesin pencari itu tidak lebih dari 3 hal, diantaranya:
  1. Konten Original
  2. Konten yang bermanfaat
  3. Ditulis dengan sejelas-jelasnya agar bisa membantu yang membutuhkan.

Sekarang saya mau bertanya lagi. Apakah Anda sanggup menciptakan konten yang original? Kalau Anda sanggup, berarti anda tetap melibatkan SEO kedalam Blog dan Konten Anda.

Apakah Anda sanggup membuat Blog dan Konten yang bermanfaat bagi pembaca? Kalau Anda sanggup berarti Anda sudah melibatkan SEO kedalam Blog dan Konten Anda.

Kalau Anda sanggup membuat konten yang original dan bermanfaat bagi setiap yang membacanya, silahkan tulis dengan sejelas-jelasnya agar mudah dipahami dan dimengerti oleh audien Anda.

Coba Anda renungkan baik-baik, didalam sebuah konten yang original pasti terkandung manfaat yang luar biasa, walau Anda hanya menulis dalam beberapa kalimat saja, selama itu tidak sama dengan yang terdapat di Blog lain. Karena secara tidak langsung akan saling melengkapi dengan Blog lain yang sudah memiliki konten itu tapi belum lengkap, belum bisa menjawab kebutuhan pembaca.

Jadi sebuah artikel yang original itu bukan berarti judul yang belum ada di Blog lain, tapi bisa saling menutupi kekurangan, karena kemapuan manusia ada tingkatannya masing-masing.

Pasti Anda sering melihat kalau di Blog A punya si A misalnya, menautkan link ke Blog B punya si B atau sebaliknya. Karena hal tersebut memang diperintahkan dan diharuskan oleh pemilik mesin pencari agar artikel A dan artikel B saling melengkapi.

Jadi selama Anda menulis artikel yang original dan bermanfaat bagi pembaca, berarti secara sistematis yang alami Anda telah melibatkan SEO yang benar-benar hebat. Dan jawaban dari pertanyaan, bisa berhasilkan sebuah Blog tanpa melibatkan SEO di dalamya adalah TIDAK BISA.

Anda harus tetap melibatkan SEO atau tetap melibatkan 3 hal yang di inginkan oleh mesin pencari dan tentunya di inginkan oleh pembaca.

Makanya jangan heran, kalau Blog yang konten-kontennya hasil copy paste, selamanya tidak akan mampu mencapai keberhasilan, baik dalam hal kepopuleran dan juga dalam hal meraih penghasilan. Karena pemilik Blog hasil copy paste tersebut telah melupakan sejatinya dari SEO.

Apa yang terdapat di Blog copy paste tersebut sudah terdapat di Blog lain yang dicopy pastenya. Kalau pun ada beberapa pengunjung yang terjebak masuk pasti akan meningglkan kesan kalau Blog tersebut tidak berkualitas, dan kalau saya yang berkunjung ke Blog yang artikelnya hasil copy paste, saya akan berkomentar, kalau saya sudah bosan membaca artikel ini di Blog lain.

Kalau Anda termasuk dari salah satu Blogger yang punya kebiasaan buruk mengcopy paste artikel dari Blog orang lain, sebaiknya segera hentikan kebiasaan buruk Anda itu. Karena selain kegiatan copy paste adalah suatu hal yang memalukan, hal tersebut tidak ada manfaatnya sama sekali buat Anda, baik di dunia apalagi di akherat.

Silahkan Baca: Dampak buruk akibat Blog yang artikelnya di copy paste.

Baik mari kita lanjut!

Untuk menjadi seorang Blogger yang berhasil baik dalam mencapai popularitas atau dalam meraih penghasilan, tidak perlu menjadi seorang penulis hebat yang mampu memposisikan setiap kontennta dihalaman teratas mesin pencari. Tapi mereka yang sungguh-sungguh menjalankan profesi sebagai Blogger sejati, yaitu terus dan terus membuat konten yang bermanfaat.

Apakah Anda mengenal Linda Ikeji seorang Blogger yang menggunakan SEO alami yang sekarang sudah menjelma menjadi Blogger tersukses dengan penghasilan fantastis? Kalau belum silahkan kunjungi Linda Ikeji's blog. Silahkan perhatikan dari mulai Template yang digunakan dan juga konten-konten yang ada di Blognya tersebut.

Apakah menurut Anda banyak yang spesial? sama sekali tidak ada kalau menurut saya, Linda Ikeji's menulis apa adanya. Mungkin kalau dia melihat seekor kucing sedang beranak, pasti akan dijadikannya sebuah artikel. Tanpa ada optimisasi SEO, yang dia lakukan hanya SEO alami, yaitu membuat konten original yang bermanfaat.

Atau tidak usah jauh-jauh Anda membaca artikel-artikel di blognya Linda Ikeji's, saya yakin bahasa yang ditulisnya pun belum tentu anda mengerti, walaupun menggunakan jasa translater. Anda perhatikan blog saya ini saja.

Coba anda teliti, apa yang hebat dari Blog Flyin DVB ini? Dalam membuat konten saya menulis apa adanya, dalam hal mengoptimalkan SEO saya bukan ahli SEO. Tapi alhamdulillah Blog saya tidak pernah mendapatkan pengunjung kurang dari jumlah posting dan alhamdulillah setiap bulan saya bisa menikmati hasil uang yang lumayan kalau menurut saya.

Dan yang paling membagakan lagi, ratusan Blog telah dengan sukarela mengcopy paste artikel-artikel yang ada di Blog saya dengan berbagai cara. Ada yang sampai di copy paste lalu di Blognya tersebut tulisannya dirubah menjadi warna putih, supaya tidak bisa dibaca oleh pengunjung dan saya sebagai pemilik aslinya.

Ada juga yang mengcopy paste total lalu setelah semua artikel copy pastenya itu terindeks, mereka menghapusnya dari Blognya itu, supaya refutasi Blog saya menjadi semakin jelek dimata mesin pencari.

Ada juga yang menulis ulang dengan teknik paragraf awal di isi artikel dia, paragraf kedua asli artikel saya, paragraf ketiga di isi lagi artikel dia, paragraf ke empat sampai paragraf akhir asli artikel saya. Pokoknya berbagai upaya jahat terhada Blog saya telah saya alami.

Berarti ada 3 hal yang mereka nilai dari Blog saya:

  1. Blog saya dianggap bagus dan super SEO sehingga banyak menarik pengujung dari berbagai media. Makanya orang itu tertarik untuk mengcopy paste dan dijadikan modal untuk mempopulerkan Blognya.
  2. Blog saya dianggap saingan yang akan merusak trafik Blog dia, makanya cara-cara jahat terus mereka lakukan untuk merusak Blog saya.
  3. Mereka iri melihat popularitas dan keberhasilan Blog saya.
Padahal sekali lagi saya tegaskan, saya bukan ahli SEO, saya hanya menuruti keinginan mesin pencari dan keinginan pembaca.

Jadi kesimpulan bisa atau tidaknya sebuah Blog mencapai kesuksesan tanpa SEO, jawabannya TIDAK MUNGKIN BISA. Anda harus tetap melibatkan SEO didalamnya, baik itu SEO yang di optimalkan atau SEO yang terbentuk secara alami.

11 comments

Karna SEO yang sesungguhnya adalah artikel yang unik, berkualitas dan bisa menjawab apa orang cari ya mas, Ilmu SEO dan thetek-bengeknya itu hanyalah sebagai pelengkap, Josss Artikelnya.

Hehe kurang lebih begitu mas Isrofi Achmad, seo terkadang jadi belenggu yang membuat penulis jadi kaku

Aku rasa yang terpenting artikel fresh dan ori tanpa copas, SEO tentu juga sangat penting dalam penulisan. Berdaasarkan pengalaman, menulis artilkel yang fresh akan tetapi amburadur akan sangat sulit di ketahui orang mas. Jadi artikel tersebut hanya di baca saat kita share ke medsos saja selebihnya baca sendiri tanpa didapatkan dengan kata kunci di halaman search angine hehehe

Mantap Gan artikel yang utama, semakin banyak orang yang terbantu dengan artikel kita, semakin dicari blog kita dan di anggap naik mutu blog kita menurut google.

Lalu bagaimana dengan blog yang ngak di terima adsense berkali -kali walau artikel sudah banyak, sampai-sampai saya bikin blog baru

Hehe mungkin perlu ketelitian lagi sebelum mendaftar mas, adsense itu sensitif, terkadang salah nama pun bisa berakibat ditolak terus

sungguh artikel ini adalah sebuah jawaban yang selama ini menghantui pikiran saya, awal ngeblog saya baca optimasi SEO disuruh menulis konten panjang, semakin panjang semakin baik, bukan bikin saya semangat ngeblog malah justru ingin berhenti,
tetapi nggak apa2 lah, jadiin pelajaran, hehe

segala yang masuk kategori artikel berkualitas, dan lain-lainnya itu tuh yang disebut optimasi SEO, jadi ya kudu SEO Optimasi nya atuh yah

hehe ada sesepuh berkunjung, terima kasih banyak pak sudah berkenan mengunjungi blog saya ini, semoga artikel tentang jawaban dari pertanyaan apakah blog kalau tanpa seo optimisasi itu akan berhasil? dengan jawaban yang real dari sesepuh ini, bisa semakin meyakinkan para blogger pemula, kalau optimisasi seo itu tidak jauh dari konten yang berkualitas

hehe terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar, semoga ada manfaat dan bisa mengambil arti SEO yang sesungguhnya

terima kasih info nya sangat penting sekali bagi saya sebagai orang yang pemula dalam blog.

ditunggu kedatangan nya di blog saya, terima kasih.

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya, semua blogger juga berawal dari pemula, yang penting tetap fokus dan konsisten, maka suatu saat akan jadi master blogger

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon