Aplikasi Android dan Fungsi-Fungsinya

Tags

Setiap kali kita membeli android baru pasti sudah di lengkapi dengan aplikasi-aplikasi bawaan aslinya, apalagi untuk android yang tergolong canggih dan di lengkapi dengan memori yang berukuran besar pasti banyak sekali aplikasi yang terdapat di dalamnya, untuk orang yang sudah terbiasa menggunakan android tentu bukan hal yang aneh, tapi untuk orang yang baru memegang android pastinya merasa bingung aplikasi sebanyak itu untuk apa saja fungsi dan kegunaannya.

Mengenal aplikasi android dan fungsinya

disini saya akan mejelaskan satu persatu aplikasi yang terdapat pada android dan juga kegunaannya, agar bagi anda yang baru mengenal android tidak di buat bingung ketika mau membeli sebuah android.

Ketika Android pertama kali di jalankan android akan memulai proses peng-optimalan semua aplikasi yang dia bawa, bahkan apabila ada aplikasi yang sudah harus di update maka aandroid akan meminta kita untuk melakukan proses update, ada aplikasi yang bebas untuk tidak di update, ada juga aplikasi yang mewajibkan kita untuk mengupdate nya, seperti salah satunya google playstore aplikasi utama dari android ini di wajibkan untuk selalu di update, karena kalau tidak akan ada beberapa aplikasi yang tidak bisa di jalankan.

beberapa aplikasi Android dan cara menjalankannya


1. Play Store

Apa itu Play Store atau Google Play? Play Store adalah layanan konten milik Google yang melingkupi toko untuk produk-produk seperti musik, lagu, aplikasi, permainan ataupun pemutar musik berbasis internet, layanan ini dapat di akses baik melalui web aplikasi android dan google tv, konten yang telah di beli tersedia pada seluruh flatfrom-flatfrom di atas, Google Play mulai di kenalkan pada bulan maret 2012 sebagai pengganti android market dan layanan musik google.

Cara Menggunakan Layanan Google Play atau Play Store

Untuk menjalankan layanan google play syarat utama nya yaitu harus meiliki akun gmail, karena aplikasi ini milik google, lalu bagaimana cara membuat akun gmail? anda bisa baca artikel saya Cara mudah membuat akun Gmail setelah memasukan akun gmail dan password yang benar makan layanan Google Play akan segera terbuka, dan anda bebas men-download aplikasi-aplikasi yang ada di Play store, tapi perlu anda ketahui juga, aplikasi yang terdapat di play stroe ada yang gratis ada juga yang berbayar.

2. Youtube

Apa itu youtube? Youtube adalah situs web tempat berbagi video yang di buat oleh tiga mantan karyawan paypal pada bulan Februari 2005, situs ini memungkinkan pengguna untuk menonton, mengunggah dan berbagi video, perusahaan ini berkantor pusat di san bruno california dan memakai tekhnologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna termasuk klip film dan video musik.

Cara Menggunakan Youtube

Untuk bisa menggunakan Youtube di android maka di wajibkan untuk meng-update dulu layanan google play, layanan youtube tidak bisa di jalankan apabila layanan google play di android anda tidak ter-update dengan baik.

3. BBM (BlackBerryMessenger)

Apa itu BBM (BlackBerryMessenger)? BBM adalah aplikasi pengirim pesan instan yang di sediakan untuk para pengguna BlackBerry, aplikasi ini di mengadopsi kemampuan fitur atau aktivitas yang populer di kalangan pengguna telepon genggam , dan padan bulan oktober 2013 layanan BBM secara resmi bisa di gunakan di lintas flatfrom dengan dirilisnya BBM untuk iOS dan Android.

Cara Menggunakan BBM (BlackBerryMessenger)

Untuk bisa menggunakan layanan BBM maka di wajibkan memiliki sebuah email, apabila sudah selesai mengisi formulir pendaftaran dengan mengisi email dan password yang resmi maka akan muncul PIN BBM kita, nah PIN itulah yang akan menjadi kunci ID kita, tinggal anda bagikan PIN BBM tersebut ke teman relasi dan sodara maka anda sudah bisa menikmati layanan pesan instan melalui perangkat android.

4. Facebook

Apa itu Facebook? Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004 dan berkantor di Menlo Park California Amerika Serikat, pengguna facebook saat ini sudah lebih dari satu milyar pengguna aktif dan lebih dari setengahnya mengakses layanan facebook ini melalui telepon genggam.

Cara Menggunakan Facebook atau Layanan Facebook

Untuk bisa menikmati layanan jejaring sosial dari facebook ini pengguna diwajibkan melakukanpendaftaran, cara melakukan pendaftaran bisa pakai email dari gmail, bisa dari yahoo bisa dari penyedia layanan email lainnya dan juga bisa menggunakan nomer telepon, setelah anda selesai melakukan pendaftaran dengan mengisi Nama, Jenis Kelamin, No HP atau email dan juga mengisi password, anda akan diminta untuk memverifikasi, cara memferivikasi tergantung dari cara apa anda melakukan pendaftaran, kalau pendaftaran menggunakan no HP maka kode  verifikasi akan dikirim melalui pesan singkat atau SMS, begitu juga kalau pendaftaran menggunakan email maka kode verifikasi akan dikirimkan ke alamat email anda, setelah akun di verifikasi maka anda sudah bisa menikmati layanan jejaring sosial Facebook.

5. Twitter

Apa itu Twitter? Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog atau blog kecil yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang terkenal dengan sebutan tweet atau kicauan, Twitter didirikan pada bulan maret 2006 oleh Jack Dorsey dan situs jejaring sosial ini di luncurkan pada bulan juli.

Cara Menggunakan Aplikasi Twitter

Berbeda dengan Facebook, kalau facebook tanpa akun maka anda tidak bisa masuk ke layanan facebook, tapi twitter tanpa punya mendaftarpun anda sudah bisa membaca twitter tapi tidak bisa menulis pesan, maka dari itu agar bisa menikmati sepenuhnya dari layanan twitter ini anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu, cara daftarnya pun tidak begitu beda dengan facebook, anda harus memiliki akun email yang sah.

6. Messenger

Apa itu Messenger? Messenger adalah aplikasi jejaring sosial turunan dari facebook, dengan messenger kita bisa melakukan chating pribadi dan juga chating group.

Cara Menggunakan Messenger

Untuk bisa menggunakan Messenger, anda hanya perlu punya akun facebook saja, isi email dan password dengan menggunakan akun facebook, maka layanan Messenger sudah bisa anda pergunakan, kelebihan dari messenger anda bisa melakukan pengiriman pesan dan panggilan sekaligus.

7. Gmail

Apa itu Gmail? Gmail adalah layanan surel milik Google, pengguna bisa mengakses gmail dalam bentuk surat HTTPS protokol POP3 atau IMAP4, Gmail diluncurkan dengan sistem undangan bentuk beta pada 1 april 2004 dan tersedia untuk publik pada 7 februari 2007 meski masih menyandang status beta, bersamaan dengan seluruh produk google Apps layanan Gmail ini sudah tidak beta lagi pada tanggal 7 juli 2009.

Cara menggunakan Layanan Gmail

Untuk bisa menggunakan layanan Gmail anda di wajibkan memiliki akun Gmail juga, nanti akan terbuka kotak surat menyurat tempat mengirim dan menerima pesan teks pesan gambar pesan suara dan juga pesan dalam bentuk file.

8. Instagram

Apa itu Instagram? Instagram adalah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan penggunanya mengambil foto menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai jejaring sosial termasuk milik instagram sendiri, satu fitur yang unik dari instagram adalah bisa otomatis memotong gambar menjadi bentuk persegi sehingga terlihat seperti hasil kamera kodak instamatic dan polaroid, hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3 yang umum di gunakan.

Cara Menggunakan Instagram

Untuk bisa menggunakan layanan instagram anda di wajibkan melakukan pendaftaran, dan untuk registrasi bisa menggunakan akun facebook, email dan juga bisa menggunakan nomer telepon.

Itulah beberapa aplikasi penting dari android dan cara menggunakannya yang wajib anda ketahui.

1 komentar so far

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon