SEO Adalah Perangkap Untuk Blogger Pemula

SEO dan SEO, Seperti itulah kalimat yang sering muncul dari tulisan-tulisan para master blog yang menekankan agar blogger pemula memaksimalkan SEO blognya, apa itu SEO? SEO adalah (Search Engine Optimization), katanya kalau blog kita sudah SEO maka akan muncul di pencarian google no 1, wah sangat menarik dan tentunya semua blogger berharap agar konten yang mereka tulis akan selalu muncul di pencarian google atau mesin telusur.

Ini yang saya maksudkan kalau SEO Adalah perangkap untuk blogger pemula, kenapa? terlebih dulu saya mohon maaf kepada master-master blogger yang sudah sangat membantu memberikan ilmunya tentang SEO kepada kami-kami yang pemula ini.

SEO Adalah Perangkap Untuk Blogger Pemula

Kembali ke topik awal kalau SEO menurut saya adalah perangkap bagi blogger pemula, tujuan awal dari ngeblog adalah membuat tempat untuk menyalurkan bakat dan hobi kita, juga untuk berbagi ilmu dan pengalaman, dengan asyiknya menata SEO, banyak sekali blogger yang lupa akan konsep awalnya, sehingga banyak sekali blog-blog yang super SEO tapi minim konten, ini fakta dan realita yang terjadi, saya melakukan survey ke lebih dari 200 blog dan hasilnya hanya 5% blog yang super SEO dengan konten yang berkualitas, selebihnya hanya blog-blog yang sarat dengan copy paste.

SEO atau Search Engine Optimization bukan berarti tidak boleh tapi juga bukan harga mati bagi sebuah blog, apakah dengan super SEO apapun artikel yang kita tulis akan muncul di halaman utama google? saya yakin TIDAK!, kenapa? toh jutaan blog sudah super SEO, tapi ketika kita mencari satu artikel, yang muncul di halaman pertama urutannya ga no satu semua, tapi 1,2,3,4,5 dstrsnya, padahal artikel nya sama, dan blog-blog yang menulis artikel itu sama-sama memiliki tingkat SEO yang 100%. jadi kalau menurut saya SEO itu bukan harga mati dari sebuah blog, yang menentukan masa depan dari sebuah blog adalah konten atau isi dari blog tersebut.

Kalau kita mengkaji apa arti Harus sesuai dengan mutu webmaster maka disitu tidak di tekankan untuk SEO, tapi di minta untuk membantu google dan pembaca agar mudah menemukan konten yang dicari kalau kurang jelas silahkan baca Pedoman Mutu Webmaster, disitu tidak ada tekanan untuk menjadikan blog kita itu super SEO, hanya di minta untuk membantu memudahkan saja, toh google sendiri telah menyiapkan alat-alat pembantu seperti Search Consol agar artikel yang kita buat bisa cepat terindex oleh mesin telusur.

Yang saya ambil dari pernyataan webmaster adalah lebih ke menekankan kita untuk membuat konten yang UNIK asli bermakna dan berkualitas.

Seperti apa konten yang berkualitas itu?

Oke saya kasih contoh,, misalnya kita butuh bantuan tentang cara memperbaiki hardisk yang tidak terbaca oleh windows, ketika kita tulis kalimat itu di kolom pencarian google maka akan muncul berbagai blog atau website yang membahas tentang Cara memperbaiki hardisk yang tidak terbaca oleh windows, dan tentu yang akan kita buka adalah website yang muncul di nomer satu, dan ketika website itu di masuki kita akan membaca jawaban dari pertanyaan kita yang di tulis di mesin telusur, nah kalau jawaban dari website tersebut ternyata sudah pernah kita coba dan hasilnya nihil, apakah kita akan betah berlama-lama di website tersebut? tentunya tidak, kita akan kembali ke beranda google dan mengklik halaman ke dua ketiga dan seterusnya sampai menemukan sesuatu yang beda dan patut di coba.

Jadi tujuan menjadikan blog kita super SEO itu untuk apa?

Memancing pengunjung agar dengan tidak sengaja mengklik iklan yang di pasang di sembarang tempat? atau untuk membaca artikel kita? hanya dewa yang tau, hehehe maaf jadi teringat nenek nya si Muftah, kalau tujuannya menjadikan blog kita super SEO agar selalu muncul di halaman utama mesin pencari google supaya konten kita enak di baca pengunjung, ya tulislah konten yang berkualitas, artinya kualitas nya harus di atas konten-konten blog lain walau topik nya sama.

Apakah kalau blog kita tidak super SEO lalu tulisan kita tidak akan pernah muncul di mesin pencari?

Jawaban nya sangat-sangat tidak, apapun yang kita tulis asal kita masukan ke search consol pasti akan muncul di mesin telusur, nah yang menentukan berkualitas atau tidak nya sebuah artikel bukan kita tapi pembaca, walaupun halaman blog kita muncul di urutan sejuta pasti artikel tersebut akan selalu di cari orang, dan sangat-sangat pasti bagi orang yang memang merasa terbantu dengan artikel yang kita tulis akan membookmark halaman kita agar tidak perlu susah-susah lagi mencarinya.

SEO akan tumbuh dengan alami

Kenapa saya berani bilang begitu? karena berdasarkan pengalaman saya yang selalu jadi pengunjung blog-blog atau web-web yang di dalamnya terdapat berbagai ilmu yang bermanfaat, dan ketika ada teman saya yang bertanya sesuatu kepada saya, dan saya ingat kalau blog yang membahas maslah itu adalah blog A misalnya, maka saya akan arahkan temen saya untuk mencari jawaban yang dia butuhkan ke blog A tadi.

Jadi intinya pesan moral yang bisa di ambil dari coretan saya ini, ngeblog bukan sekedar hobi tapi berharap bisa mendapat penghasilan dari apa yang di janjikan oleh google melalui jasa Adsense nya, disitu tertulis jelas, Jangan pusing soal iklan, luangkan waktu anda untuk menulis posting.

Sekali lagi mohon maaf kepada para master blog yang telah memberikan ilmunya kepada saya, semoga tulisan saya ini bisa memotivasi temen-temen blogger pemula seperti saya untuk tidak putus asa dalam menulis, cari artikel yang sangat di butuhkan pengunjung lalu sesuaikan dengan pengalaman hidup kita, maka kita akan bisa mengambil inisiatif untuk melengkapi kekurangan dari artikel yang di tulis di blog yang kita kunjungi tersebut.
Salam blogger pemula.

5 komentar

setuju banget sama tulisannya masbro, males banget dengan blog2 snack angin...

terima kasih atas kunjungannya sob, ditunggu kunbal saya ke blog sampean..

Mantap mas bro, sangat masuk diakal, walaupun sebuah blog super seo dan artikelnya nangkring di page one, namun jika konten yang ada hanyalah hoak belaka tentu pengunjung akan lari.
Salam sukses selalu.

hehe terima kasih banyak atas komentar nya mas, memang seperti itulah romantika blooger :)

Betul visan kang eta th.....😁 pengunjung rata-rata kan pengen mencari informasi yg sesuai yg kita cari....walaupun artikel di Page 2,3 atau seterusnya... Pengunjung akan terus cari informasi yg lbih bagus dan memuaskan pembaca....

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon