Komponen Elektronik Yang wajib Di Ketahui Oleh Teknisi

Komponen Elektronik Yang wajib Di Ketahui Oleh Teknisi - Sebagai teknisi atau calon teknisi tentu syarat wajib yang harus di penuhi adalah mengenal dengan baik semua jenis nama komponen-komponen yang terdapat pada peralatan elektronik, baik manual dan juga digital dengan segala tujuan dan pungsi dari komponen itu sendiri. Tanpa tau lebih dulu jenis dan pungsi dari komponen elektronik, tentu akan menyulitkan kita sebagai tekhnisi untuk menentukan kerusakan dan mencari solusi komponen penggantinya.

Komponen Elektronik Yang wajib Di Ketahui Oleh Teknisi

Kenapa kita wajib mengetahui jenis-jenis komponen elektronik dan berbagai fungsinya? karena seiring dengan kemajuan jaman, komponen-komponen elektronik semakin simple dan canggih, sebagai contoh, kalau dulu untuk menyetabilkan arus dari AC ke DC di butuhkan:

1. Transformator dengan kualitas bagus
2. Dioda penyearah minimal 2 buah sampai 4 buah
3. Elko atau kapasitor elektrolit dengan kualitas bagus
4. Transistor dengan amper yang cukup besar sebagai power regulator
5. Resistor untuk memberi tegangan bias pada basis transistor agar transistor bisa berkerja dengan baik
6. dioda zener untuk menentukan besaran output dari keluaran transistor final
7. elko tapis perata untuk lebih memaksimalkan penyetabilan arus input di basis transistor
8. Hatsink, atau pendingin untuk mengatur panas dari transistor regulator

Itu semua baru dasar saja dari cara membuat power suplay yang bagus, untuk power suplay yang memiliki kualitas super bagus tentu harus lebih banyak lagi komponen pendukung di dalamnya. Tapi seiring dengan kemajuan tekhnologi, sekarang apabila kita membutuhkan power suplay dengan kualitas super bagus, cukup dengan membeli sebuah switching regulator yang dari bentuknya saja sangat kecil, dengan daya yang sangat besar.

Jadi dengan majunya tekhnologi di bidang elektronik, kita wajib tau komponen-komponen penting keluaran terbaru agar memudahkan kita dalam mengatasi berbagai masalah di bidang servis elektronik.

Komponen dasar umum yang wajib di ketahui di antaranya


1. Resistor atau lebih sering di sebut tahanan.


2. Kapasitor


Untuk jenis kapasitor ini tergolong komponen yang memiliki banyak jenis varian di antaranya:

Kapasitor elektrolit atau lebih sering di sebut ELKO.
Kapasitor tantalum
Kapasitor polister Film
Kapasitor poliprolyene
Kapasitor kertas
Kapasitor mika
Kapasitor Keramik
Kapasitor epoxy
Kapasitor variable.

Untuk cara kerja dari kapasitor akan kita bahas di artikel selanjutnya.

3. Transistor


Komponen ini yang paling banyak memliki variasi jenis, mungkin ada jutaan jenis transistor yang beredar di pasaran, tapi kalau kita tau apa dan untuk apa tujuan pungsinya, tentunya kita tidak akan ribet mencari transistor dengan kode tertentu, karena sebenarnya transistor hanya memiliki 2 jenis polaritas, yaitu NPN dan PNP, Untuk pembahasan transistor akan saya sajikan di artikel

4. Fet atau MOSFET


Komponen yang satu ini juga mempunyai berbagai varian jenis, mosfet adalah tekhnologi setingkat di atas transistor, jenisnya pun sama seperti transistor ada NPN ada PNP, untuk pembahasan lebih lanjut tentang MOSFET, akan saya bahas di artikel selanjutnya.

5. IC (Integrit Circuit)


Komponen ini memiliki banyak sekali jenis dan pungsinya, apalagi di tekhnologi masa kini, hampir semua rangkaian sudah di integritas dalam satu komponen saja, ini sangat memudahkan kita dalam menentukan jenis kerusakan, kalau dulu sebuah power amplifier mini saja butuh bebrapa komponen, tapi sekarang dengan satu buah IC tinggal tambah 3-4 komponen pendukung saja sudah jadi sebuah power amplifier dengan kualitas Hight Definisions.

6. SCR


Komponen ini sering di gunakan untuk saklar dengan daya yang besar, untuk penjelasan tentang SCR akan saya bahas pada artikel selanjutnya.

7. IGBT


Komponen tekhnologi terbaru ini wajib kita ketahui jenis dan pungsinya, karena banyak orang beranggapan kalau IGBT sama dengan FET atau MOSFET, padahal sangat-sangat berbeda, walau sebenarnya IGBT merupakan perpaduan tekhnologi antara transistor dan mosfet, dengan tujuan menghasilkan daya yang sangat besar, kekuatan dari IGBT bisa 60 kali lebih besar dari mosfet.

8. Jugfet


komponen super kecil yang bentuknya mirip transistor ini memiliki kegunaan yang sangat penting, untuk sebuah saklar elektronik, komponen ini lebih sering di gunakan untuk switch kontrol tegangan, untuk lebih jelasnya tentang jugfet akan saya jelaskan pada artikel selanjutnya.

9. Tunner


Komponen yang satu ini juga memiliki banyak jenis varian, untuk lebih jelasnya tentang tunner akan saya jelaskan pada artikel selanjutnya.

10. FBT atau Flyback transformator.
Komponen yang satu ini juga memiliki berbagai jenis varian, ada yang sama antara merk televisi satu dan lainnya ada yang memang di khususkan untuk televisi merk tertentu, tapi dengan mengetahui jenis pungsinya tentu akan memudahkan kita untuk mengani kerusakan seputar FBT.

11. Transformator


Komponen yang satu ini hanya memiliki dua jenis saja, yaitu transformator inti besi dan trnasformator ini ferit, tapi tentunya masih banyak lagi yang wajib kita ketahui dari kegunaan transformator ini, untuk lebih jelasnya akan saya sajikan di artikel selanjutnya.

12. Pannel switch


Komponen yang satu ini juga memiliki banyak jenis varian tapi pungsinya hanya satu saja.

Dan masih banyak lagi jenis komponen elektronik yang wajib di ketahui, tapi garis besarnya tentu sudah banyak yang tahu, seperti tabung TV, lcd TV, led TV, karena untuk komponen seperti itu jarang sekali mengalami kerusakan, tapi akan saya bahas juga pada artikel khusus.

Related Post:

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon