Kerusakan umum TV LG

Berikut ini adalah beberapa kerusakan umum yang biasa terjadi pada tv merk LG dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

Kerusakan umum TV LG

1. Pada awal tv menyala terlihat normal, tapi selang beberapa menit gambar mulai berubah di bagian vertikal seperti bergoyang-goyang di bagian atas terus maju ke tengah dan akhirnya gambar cacat parah.

Kerusakan seperti ini di sebabkan naiknya tegangan 9 volt untuk bias vertikal dan juga ic osilator, tegangan tersebut di ambil dari output regulator melalui ic swicth control 78R09, bisa di pastikan kerusakan ada pada ic swicth control nya yaitu 78R09.

2. Suara cacat dan remot lambat respon juga panel control menu di tv macet.

Kerusakan seperti ini di sebabkan terganggu nya data epprom SCL SDA yang mengatur semua data dari mulai vertikal, horisontal, tunning audio dan lain-lain, penyebab dari terganggunya sinyal SCL dan SDA dengan gejala cacat nya suara yang terkadang besar sendiri atau kecil sendiri bisa di pastikan dari rusaknya ic control equalizer LV 1116.

Solusi sebelum di ganti baru ada baiknya mencoba trik sesuai dengan pengalaman penulis yaitu merubah tegangan input ic tersebut yang awalnya 9 volt menjadi 5 volt, bisa di lakukan dengan cara memutus input 9 volt dan menggantinya dengan tegangan 5 volt yang di ambil dari ic 7805 untuk keperluan ic program dan osilator, sejauh ini trik yang saya sebutkan tadi selalu berhasil, saya tidak tau apa penyebabya kenapa ic LV 1116 punya karakter seperti itu.

3. Gambar hanya di bagian tengah seperti ombak.

Kerusakan seperti itu bisa di pastikan dari putusnya lilitan yoke bagian vertikal yang di akibatkan oleh lembab, solusi sebelum mengganti coba bongkar yoke biasanya langsung ketemu kawat lilitan yang putusnya.

4. TR Horisontal konslet dan kalau di ganti sesaat langsung konslet lagi.

Kerusakan seperti itu di pastikan dari putusnya kapasitor casis horisontal sehingga induksi dari plyback tidak tertapis, solusi ganti kapasitor yang menghubungkan kolektor transistor horisontal ke ground, biasanya berukuran antara 15 sampai 18 nano, ada baiknya kapasitor-kapasitor lain di ukur juga, di khawatirkan ada salah satu nya yang putus juga, kalau semua kapasitor sudah terukur dengan baik, silahkan pasang lagi TR horisontal nya.

5. TV menyala tapi dalam beberapa menit kembali ke standby seperti protect padahal bukan.

Kerusakan seperti itu di pastikan dari aus nya x-tal program dengan nilai 4.000 mhz.

6. Tidak ada suara sama sekali.

Kerusakan seperti itu sering sekali penulis temui erornya memori atau korup, solusi seting ulang dari factori mode, untuk masuk ke factori mode silahkan baca Cara buka factory mode semua jenis tv.

7. Gambar gelap seperti putus abl.

Kerusakan seperti itu sering penulis temui disebabkan short atau konslet nya tabung CRT kaki screen ke G1, solusi nya bisa di coba trik yang biasa penulis gunakan yaitu dengan melepas solderan kaki RGB bagian screen sampai benar-benar tidak menempel, lalu nyalakan tv nanti akan terdengan suara percikan di kaki screen tersebut di sertai keluarnya api biru, kalau sudah seperti itu, matikan tv dan solder kembali kaki screen nya lalu coba nyalakan kembali, biasanya hanya sekali proses tv kembali normal, untuk menghindari kejadian seperti itu lagi, rubah ukuran kapasitor dari screen ke grounn dengan ukuran yang lebih kecil, kalau aslinya 10 nano ganti dengan 4,7 nano saja.

Kejadian seperti di atas bisa terjadi ke beberapa merk tv, yang paling sering ialah LG dan Sharp.

Untuk jenis-jenis kerusakan yang lain sebaiknya kita diskusikan lewat komentar, terima kasih.

Related Post:

3 komentar

thanks for sharing, goodluck.

Hatur nuhun kang info na, mudah2an makin maju blog na

Tv plasma lg matot lampu stanby ga nyala sama sekali, kira2 apanya? Pas dicabut y-sus mah ada trgangan msuk.

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon