10 Cara Sederhana Merawat Laptop

Pada artikel kali ini saya akan memberikan tips ringan tentang 10 cara sederhana dalam merawat komputer/ laptop agar selalu terjaga performa dan juga keawetannya.

Di jaman yang sudah sangat maju seperti sekarang ini rasanya hampir semua orang pasti memiliki laptop apalagi bagi anda yang bekerja di instansi pemerintah, dinas pendidikan, dinas pertanian, pelaku bisnis, pelajar dan masyrakat sipil lain nya.

Laptop bisa di bilang kantor kedua bagi pemiliknya, dengan memiliki laptop kita bisa melakukan pekerjaan di mana saja dan kapan saja, alangkah di sayangkan apabila laptop kita yang penuh dengan data-data penting tiba-tiba rusak hanya karena kurang baik dalam merawat nya, barang apapun kalau kurang baik dalam merawat pasti akan cepat rusak.

10 Cara Sederhana Merawat Laptop

Inilah 10 cara sederhana merawat komputer/laptop

  1. Pastikan batrei laptop dalam keadaan terisi penuh sebelum kita menggunakanya, luangkan waktu untuk mengisi batrei setiap kali kita selesai melakukan pekerjaan, biasakan mengisi batrei laptop dalam keadaan laptop mati, tujuannya untuk memperpanjang umur batrei, karena molekul-molekul yang terdapat dalam batrei akan cepat rusak apabila di pakai sambil di isi, jadi jangan di biasakan menggunakan laptop sambil di carger.
  2. Gunakan laptop dalam ruangan/tempat yang sirkulasi udara nya tidak terlalu panas dan tidak terlalu sejuk, agar tingkat temperatur panas dari hardware yang ada di dalam laptop tetap terjaga.
  3. Gunakan laptop di tempat yang bebas dari debu, karena sirkulasi kipas pendingin yang ada di dalam laptop itu bekerja mengambil udara lalu di tiupkan ke hatsink/pendingin lalu di buang keluar, bayangkan saja kalau udara yang masuk itu bercampur debu tentunya apapun yang di lewati oleh udara tersebut akan di tempeli debu, bahaya nya adalah komponen yang di tempeli debu akan mudah berkarat dan lubang udara lama kelamaan akan tersumbat, ini bahaya karena sirkulasi udara yang kurang bagus akan menyebabkab komponen utama seperti prossessor cepet panas dan bisa menimbulkan kerusakan mendadak.
  4. Bersihkan laptop bagian luarnya setiap habis di gunakan, karena kalau kotoran yang menempel di biarkan lama akan menempel dan tentunya akan menyebabkab laptop terlihat lusuh, padahal laptop masih terbilang baru, ini bisa merusak keindahan dari laptop kita.
  5. Bersihkan laptop bagian dalam secara berkala, misalnya 3 atau 6 bulan sekali, kalau anda tidak sanggup membuka nya bisa menggunakan jasa tekhnisi di bidangnya, tujuannya untuk menjaga keawetan hardware dari kotoran dan debu lembab yang lama kelamaan tentu akan merusak.
  6. Gunakan laptop sesuai dengan kemampuan, tidak di anjurkan laptop bekerja full 24 jam, hal ini bisa mempercepat umur laptop dan juga mempercepat umur manusia nya, anda pikir sendiri deh :)
  7. Jangan mematikan laptop langsung dari tombol power, tapi matikan dari fungsi shutdown nya, kebiasaan buruk mematikan windows dari tombol power bisa merusak software dan hardware, ingat ketika laptop akan mati maka system membutuhkan waktu untuk menyimpan data dan mengatur registri agar ketika hidup kembali tidak mengalami eror.
  8. Biasakan merefresh system secara berkala ketika laptop sedang di gunakan, agar system selalu fresh.
  9. Pastikan laptop dalam keadaan mati sebelum di simpan atau di bawa kemana-mana, membawa laptop dalam keadaan hidup ini sangat berbahaya apalagi kalau masih menggunakan hardisk bukan SSD, optick hardisk kalau tergoyang sedikit saja bisa merusak piringan hardisk dan optick itu sendiri.
  10. Bersihkan file-file sampah yang ada di dalam system secara berkala, disarankan melakukan clean system setiap selesai di gunakan.

Itulah 10 cara sederhana dalam merawat komputer atau laptop agar tetap terjaga performa dan keawetannya. semoga bermanfaat.

1 komentar so far

terima kasih mas, saya sering sekali menggunakan laptop sambbil di carger, pantesan batrei nya cepet rusak

Silahkan berkomentar dengan sopan dan tidak meninggalkan link aktip.

Terima Kasih.

EmoticonEmoticon